HANIK ENDANG NIHAYATI

Berpacu menjadi yang terbaik

Keperawatan Kritis

diposting oleh hanikendangnihayati-fkp pada 19 April 2017
di Asuhan psikospiritual - 3 komentar

KOMUNIKASI VERBAL

KOmunikasi yang dilakukan perawat kepada pasien meliputi komunikasi verbal dan non verbal.

Komunikasi Verbal mencakup aspek-aspek berupa......yuk di tunggu komentarnya teman teman

3 Komentar

bayu triantoro

pada : 19 April 2017


"aspek komunikasi verbal :

1. Nada suara
Nada suara merupakan hal dasar yang dapat dimunculkan bahkan ketika Anda tidak mengucapkan kata-kata. Ketika Anda hanya bernapas atau tertawa, nada suara Anda menentukan bagaimana kemungkinan ekspresi anda untuk ditafsirkan. Bila Anda menggunakan kata-kata, nada yang Anda katakan kepada lawan bicara dapat membuat semua perbedaan.

2. Kecepatan suara
Berbicara cepat dapat menampilkan nuansa gembira atau gelisah. Berbicara lebih lambat dapat menyampaikan stabil, handal dan berkarisma. Berbicara sangat lambat dapat membiarkan orang tahu bahwa Anda baik bosan atau lelah

3. Volume suara
Volume dapat berkisar dari bisikan hingga teriakan dan segala sesuatu di antaranya. Sebuah suara yang sangat tenang dapat mewakili bahwa mungkin seseorang sedang tidak ingin mendengarkan, menggoda, atau bahkan sedang mengalami depresi. Suara yang sangat keras dapat mengekspresikan sukacita yang besar atau teror.

4. Bahasa
Semakin banyak bahasa yang dikuasai menentukan tingkat kompetensi seseorang, semakin banyak cara orang tersebut dapat membuat frase hal-hal dan lebih beragam..

5. Kosa kata
Kosakata yang lebih luas dan beragam, membuat seseorang dapat mengekspresikan kepada orang lain dengan lebih efektif

6. Tatabahasa/Grammar
Grammar adalah seperangkat aturan untuk bagaimana kata-kata terhubung menjadi frase dan frase dalam kalimat dan sebagainya. Seseorang bisa menggunakan kosakata yang paling mengesankan, tetapi jika menempatkan kata-kata ke dalam kalimat yang tidak sesuai dengan aturan tata bahasa, orang tersebut tidak akan terdengar sangat kredibel atau meyakinkan. Dan tata bahasa bervariasi dari satu bahasa ke bahasa lain.
"


Reny Tjahja Hidayati

pada : 19 April 2017


"komunikasi verbal mencakup aspek-aspek :
a.Vocabulary (perbendaharaan kata-kata). Komunikasi tidak akan efektif bila pesan disampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti, karena itu olah kata menjadi penting dalam berkomunikasi.
b.Racing (kecepatan). Komunikasi akan lebih efektif dan sukses bila kecepatan bicara dapat diatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
c.Intonasi suara: akan mempengaruhi arti pesan secara dramatik sehingga pesan akan menjadi lain artinya bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proposional merupakan hambatan dalam berkomunikasi. d.Humor: dapat meningkatkan kehidupan yang bahagia. Dugan (1989), memberikan catatan bahwa dengan tertawa dapat membantu menghilangkan stress dan nyeri. Tertawa mempunyai hubungan fisik dan psikis dan harus diingat bahwa humor adalah merupakan satu-satunya selingan dalam berkomunikasi.
e.Singkat dan jelas. Komunikasi akan efektif bila disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada pokok permasalahannya sehingga lebih mudah dimengerti.
f.Timing (waktu yang tepat) adalah hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasi akan berarti bila seseorang bersedia untuk berkomunikasi, artinya dapat menyediakan waktu untuk mendengar atau memperhatikan apa yang disampaikan."


Risca Maya Proboandini

pada : 21 April 2017


"aspek pada komunikasi verbal antara lain yaitu
1. kemaknaan kata, bahasa yang digunakan (konotatif ataupun denotatif)
2. vocabulary (perbendaharaan kata)
3. pacing (kecepatan bicara)
4. intonation (nada suara)
5. clarity and brevity (kejelasan dan keringkasan)
6. timing and relevance (waktu dan kesesuaian)"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :