HANIK ENDANG NIHAYATI

Berpacu menjadi yang terbaik

NCP

diposting oleh hanikendangnihayati-fkp pada 21 March 2017
di Keperawatan jiwa - 0 komentar

PROGRAM STUDI KEPERAWATAN CIREBON

 

RENCANA TINDAKAN KEPERAWATAN

KLIEN DENGAN PERILAKU KEKERASAN

 

Nama Klien   : ……………………                                                                                                                                                                                 DX  Medis                        : …………………..

No CM            : ……………………                                                                                                                                                                                                                                                                                             Ruangan                        : …………………..

 

 

Tgl

No Dx

Dx Keperawatan

Perencanaan

Tujuan

Kriteria Evaluasi

Intervensi

 

 

………………… b.d. Perilaku Kekerasan

TUM: …………..

………………….

………………….

 

TUK:

  1. Klien dapat membina hubungan saling percaya

 

 

 

 

 

 

1.  Klien menunjukkan tanda-tanda percaya kepada perawat:

  • Wajah cerah, tersenyum
  • Mau berkenalan
  • Ada kontak mata
  • Bersedia menceritakan perasaan

 

 

 

 

 

1.  Bina hubungan saling percaya dengan:

¨  Beri salam setiap berinteraksi.

¨  Perkenalkan nama, nama panggilan perawat dan tujuan perawat berkenalan

¨  Tanyakan dan panggil nama kesukaan klien

¨  Tunjukkan sikap empati, jujur dan menepati janji setiap kali berinteraksi

¨  Tanyakan perasaan klien dan masalah yang dihadapi klien

¨  Buat kontrak interaksi yang jelas

¨  Dengarkan  dengan penuh perhatian ungkapan perasaan klien

 

 

 

2. Klien dapat mengidentifikasi penyebab perilaku kekerasan yang dilakukannya

2. Klien menceritakan penyebab perilaku kekerasan yang dilakukannya:

  • Menceritakan penyebab perasaan jengkel/kesal baik dari diri sendiri maupun lingkungannya

2.  Bantu klien mengungkapkan perasaan marahnya:

¨  Motivasi klien untuk menceritakan penyebab rasa kesal atau jengkelnya

¨  Dengarkan tanpa menyela atau memberi penilaian setiap ungkapan perasaan klien

 

 

 

 

3. Klien dapat mengidentifikasi tanda-tanda perilaku kekerasan

3. Klien menceritakan keadaan

  • Fisik : mata merah, tangan mengepal, ekspresi tegang, dan lain-lain.
  • Emosional : perasaan marah, jengkel, bicara kasar.
  • Sosial : bermusuhan

yang dialami saat terjadi perilaku kekerasan.

3. Bantu klien mengungkapkan tanda-tanda perilaku kekerasan yang dialaminya:

¨  Motivasi klien menceritakan kondisi fisik saat perilaku kekerasan terjadi

¨  Motivasi klien menceritakan kondisi emosinya saat terjadi perilaku kekerasan

¨  Motivasi klien menceritakan kondisi psikologis saat terjadi perilaku kekerasan

¨  Motivasi klien menceritakan kondisi hubungan dengan orang lainh saat terjadi perilaku kekerasan

 

 

 

4. Klien dapat mengidentifikasi jenis perilaku kekerasan yang pernah dilakukannya

4. Klien menjelaskan:

  • Jenis-jenis ekspresi kemarahan yang selama ini telah dilakukannya
  • Perasaannya saat melakukan kekerasan
  • Efektivitas cara yang dipakai dalam menyelesaikan masalah

4. Diskusikan dengan klien perilaku kekerasan yang dilakukannya selama ini:

¨  Motivasi klien menceritakan jenis-jenis tindak kekerasan yang selama ini permah dilakukannya.

¨  Motivasi klien menceritakan perasaan klien setelah tindak kekerasan tersebut terjadi

¨  Diskusikan apakah dengan tindak kekerasan yang dilakukannya masalah yang dialami teratasi.

 

 

 

5. Klien dapat mengidentifikasi akibat perilaku kekerasan

5. Klien menjelaskan akibat tindak kekerasan yang dilakukannya

  • Diri sendiri : luka, dijauhi teman, dll
  • Orang lain/keluarga : luka, tersinggung, ketakutan, dll
  • Lingkungan : barang atau benda rusak dll

5. Diskusikan dengan klien akibat negatif (kerugian) cara yang dilakukan pada:

¨  Diri sendiri

¨  Orang lain/keluarga

¨  Lingkungan

 

 

 

6. Klien dapat mengidentifikasi cara konstruktif dalam mengungkapkan kemarahan

6.  Klien :

  • Menjelaskan cara-cara sehat mengungkapkan marah

6. Diskusikan dengan klien:

¨  Apakah klien mau mempelajari cara baru mengungkapkan marah yang sehat

¨  Jelaskan berbagai alternatif pilihan untuk mengungkapkan marah selain perilaku kekerasan yang diketahui klien.

¨  Jelaskan cara-cara sehat untuk mengungkapkan marah:

  • Cara fisik: nafas dalam, pukul bantal atau kasur, olah raga.
  • Verbal: mengungkapkan bahwa dirinya sedang kesal kepada orang lain.
  • Sosial: latihan asertif dengan orang lain.
  • Spiritual: sembahyang/doa, zikir, meditasi, dsb sesuai keyakinan agamanya masing-masing

 

 

 

7. Klien dapat mendemonstrasikan cara mengontrol perilaku kekerasan

7. Klien memperagakan cara mengontrol perilaku kekerasan:

  • Fisik: tarik nafas dalam, memukul bantal/kasur
  • Verbal: mengungkapkan perasaan kesal/jengkel pada orang lain tanpa menyakiti
  • Spiritual: zikir/doa, meditasi  sesuai agamanya

7. 1. Diskusikan cara yang mungkin dipilih dan anjurkan klien memilih cara yang mungkin untuk mengungkapkan kemarahan.

7.2. Latih klien memperagakan cara yang dipilih:

¨  Peragakan cara melaksanakan cara yang dipilih.

¨  Jelaskan manfaat cara tersebut

¨  Anjurkan klien menirukan peragaan yang sudah dilakukan.

¨  Beri penguatan pada klien, perbaiki cara yang masih belum sempurna

7.3. Anjurkan klien menggunakan cara yang sudah dilatih saat marah/jengkel

 

 

 

8. Klien mendapat dukungan keluarga untuk mengontrol perilaku kekerasan

8. Keluarga:

  • Menjelaskan cara merawat klien dengan  perilaku kekerasan
  • Mengungkapkan rasa puas dalam merawat klien

8.1. Diskusikan pentingnya peran serta keluarga sebagai pendukung klien untuk mengatasi perilaku kekerasan.

8.2. Diskusikan potensi keluarga untuk membantu klien mengatasi perilaku kekerasan

8.3. Jelaskan pengertian, penyebab, akibat dan cara merawat klien perilaku kekerasan yang dapat dilaksanakan oleh keluarga.

8.4. Peragakan cara merawat klien (menangani PK )

8.5.Beri  kesempatan keluarga untuk memperagakan ulang

8.6. Beri pujian kepada keluarga setelah peragaan

8.7. Tanyakan perasaan keluarga setelah mencoba cara yang dilatihkan

 

 

 

9. Klien menggunakan obat sesuai program yang telah ditetapkan

9. Klien menjelaskan:

  • Manfaat minum obat
  • Kerugian tidak minum obat
  • Nama obat
  • Bentuk dan warna obat
  • Dosis yang diberikan kepadanya
  • Waktu pemakaian
  • Cara pemakaian
  • Efek yang dirasakan

10. Klien menggunakan obat sesuai program

9.1. Jelaskan  manfaat menggunakan obat secara teratur dan kerugian jika tidak menggunakan obat

9.2.  Jelaskan kepada klien:

¨  Jenis obat (nama, wanrna dan bentuk obat)

¨  Dosis yang tepat untuk klien

¨  Waktu pemakaian

¨  Cara pemakaian

¨  Efek yang akan dirasakan klien

9.3. Anjurkan klien:

¨  Minta dan menggunakan obat tepat waktu

¨  Lapor ke perawat/dokter jika mengalami efek yang tidak biasa

¨  Beri pujian terhadap kedisplinan klien menggunakan obat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA TINDAKAN KEPERAWATAN

KLIEN DENGAN  PERUBAHAN SENSORI PERSEPSI : HALUSINASI

 

 

Nama Klien      :                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 DX. Medis                           :

No. CM              :                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Ruangan                           :

 

Tgl

No Dx

Dx Keperawatan

Perencanaan

Tujuan

Kriteria Evaluasi

Intervensi

 

 

 

 

 

 

 

 

…………….b.d halusinasi ………

TUM :

Klien tidak mencederai orang lain

Tuk 1 :

Klien dapat membina hubungan saling percaya

 

 

 

1.  Ekspresi wajah bersahabat menunjukan rasa senang ada kontak mata. Mau berjabat tangan, mau menyebutkan nama, mau menjawab salam, klien mau duduk berdampingan dengan perawat, mau mengungkapkan masalah yang dihadapi.

 

 

 

 

  1. Bina hubungan saling percaya dengan mengungkapkan prinsip komunikasi terapentik.

¨  Sapa klien dengan ramah baik verbal maupun non verbal

¨  Perkenalkan diri dengan sopan

¨  Tanyakan nama lengkap klien dan nama panggilan yang disukai klien

¨  Jelaskan tujuan pertemuan

¨  Jujur dan menepati janji

¨  Tunjukan sikp simpati dan menerima apa adanya

¨  Beri perhatian pada kebutuhan dasar klien

 

 

 

TUK 2 :

Klien dapat mengenal halusinasinya

2.  Klien dapat menyebutkan waktu, isi, frekunsi dan situasi yang menimbulkan halusinasi

 

2.1.    Adakan kontak sering dan singkat secara bertahap

2.2.    Observasi tingkah laku klien terkait dengan halusinsinya; bicara dan tertawa tanpa stimulus memandang kekiri/ke kanan/ ke depan seolah-olah ada teman bicara

2.3.    Bantu klien mengenal halusinasinya :

a. Jika menemukan klien yang sedang halusinasi,

¨  Tanyakan apakah ada suara yang didengar

¨  Jika klien menjawab ada, lanjutkan : apa apa yang dikatakan

¨  Katakan bahwa perawat percaya klien mendengar suara itu, namun perawat sendiri tidak mendengarnya (dengan nada bersahabat tanpa menuduh atau menghakimi)

¨  Katakan bahwa klien lain juga ada seperti klien

¨  Katakan bahwa perawat akan membantu klien.

b.Jika Klien tidak sedang berhalusinasi klari fikasi tentang adanya pengalaman halusinasi. 

2.4.    Diskusikan dengan klien :

¨  Situasi yang menimbulkan/tidak menimbulkan halusinasi ( jika sendiri, jengkel / sedih)

¨  Waktu dan frekuensi terjadinya halusinasi (pagi, siang sore, dan malam atau sering dan kadang-kadang)

 

 

 

 

  1. Klien dapat mengungkapkan perasaan terhadap halusinasi nya

2.5.    Diskusikan dengan klien bagaimana perasaannya jika terjadi halusinasi (marah/takut, sedih, senang) dan beri kesempatan untuk mengungkapkan perasaannya.

 

 

 

TUK 3 :

Klien dapat mengontrol halusinasinya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Klien dapat menyebutkan tindakan yang biasanya dilakukan untuk mengendali-kan halusinasinya
    1. Klien dapat menyebutkan cara baru

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Klien dapat memilih cara mengatasi halusinasi seperti yang telah didiskusikan dengan klien
  2. Klien dapat melaksanakan cara yang telah dipilih untuk mengendalikan halusinasinya
  3. Klien dapat mengikuti terapi aktivitas kelompok

3.1. Identifikasi bersama klien cara atau tindakan yang dilakukan jika terjadi halusinasi (tidur, marah, menyibukan diri dll)

 

3.2. Diskusikan manfaat dan cara yang digunakan klien, jika bermanfaat beri pujian

 

 

3.3.   Diskusikan cara baru untuk memutus/ mengontrol timbulnya halusinasi :

¨  Katakan : “saya tidak mau dengar/lihat kamu” (pada saat halusinasi terjadi)

¨  Menemui orang lain (perawat/teman/anggota keluarga) untuk bercakap cakap atau mengatakan halusinasi yang didengar / dilihat

¨  Membuat jadwal kegiatan sehari hari agar halusinasi tidak sempat muncul

¨  Meminta keluarga/teman/ perawat menyapa jika tampak bicara sendiri

3.4       Bantu Klien memilih dan melatih cara memutus halusinasi secara bertahap

3.5       Beri kesempatan untuk melakukan cara yang dilatih. Evaluasi hasilnya dan beri pujian jika berhasil

3.6    Anjurkan klien mengikuti terapi aktivitas kelompok, orientasi realita, stimulasi persepsi

 

 

 

TUK 4 :

Kilen dapat dukungan dari keluarga dalam mengontrol halusinasinya

  1. Keluarga dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat
  2. Keluarga dapat menyebutkan pengertian, tanda dan tindakan untuk mengendali kan halusinasi

 

 

4.1    Anjurkan Klien untuk memberitahu keluarga jika mengalami halusinasi

4.2    Diskusikan dengan keluarga )pada saat keluarga berkunjung/pada saat kunjungan rumah)

¨  Gejala halusinasi yang di alami klien

¨  Cara yang dapat dilakukan klien dan keluarga untuk memutus halusinasi

¨  Cara merawat anggota keluarga yang halusinasi di rumah : beri kegiatan, jangan biarkan sendiri, makan bersama, berpergian bersama

¨  Beri informasi waktu follow up atau kapan perlu mendapat bantuan halusinasi tidak terkontrol, dan resiko mencederai orang lain

 

 

 

TUK 5 :

Klien dapat memanfaatkan obat dengan baik

  1. Klien dan keluarga dapat menyebutkan manfaat, dosis dan efek samping obat
  2. Klien dapat mendemontrasi kan penggunaan obat dgn benar
  3. Klien dapat informasi tentang manfaat dan efek samping obat
  4. Klien memahami akibat berhenti minum obat tanpa konsultasi
  5. Klien dapat menyebutkan prinsip 5 benar penggunaan obat

5.1    Diskusikan dengan klien dan keluarga tentang dosis,efek samping dan manfaat obat

 

5.2    Anjurkan Klien minta sendiri obat pada perawat dan merasakan manfaatnya

 

5.3    Anjurkan klien bicara dengan dokter tentang manfaat dan efek samping obat yang dirasakan

 

5.4    Diskusikan akibat berhenti minum obat tanpa konsultasi

 

5.5    Bantu klien menggunakan obat dengan prinsip 5 (lima) benar

 

 

 

 

 

 


PROGRAM STUDI KEPERAWATAN CIREBON 

 

RENCANA TINDAKAN KEPERAWATAN

KLIEN DENGAN DEFISIT PERAWATAN DIRI

 

Nama Klien   : ……………………                                                                                      DX  Medis                                                                                                                                             : …………………..

RM No.           : ……………………                        Ruangan                                                                                                                                              : …………………..

 

Tgl

No Dx

Dx Keperawatan

Perencanaan

Tujuan

Kriteria Evaluasi

Intervensi

 

 

………………….

………………….

b.d. defisit perawatan diri

TUM: ………….

………………….

 

TUK:

1. Klien dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat

 

 

 

 

1. Dalam … kali interaksi klien menunjukkan tanda-tanda percaya kepada perawat:

  • Wajah cerah, tersenyum
  • Mau berkenalan
  • Ada kontak mata
  • Menerima kehadiran perawat
  • Bersedia menceritakan perasaannya

 

 

 

 

 

1.   Bina hubungan saling percaya :

¨  Beri salam setiap berinteraksi.

¨  Perkenalkan nama, nama panggilan perawat dan tujuan perawat berkenalan

¨  Tanyakan nama dan panggilan kesukaan klien

¨  Tunjukkan sikap jujur dan menepati janji setiap kali berinteraksi

¨  Tanyakan perasaan dan masalah yang dihadapi klien

¨  Buat kontrak interaksi yang jelas

¨  Dengarkan  ungkapan perasaan klien dengan empati

¨  Penuhi kebutuhan dasar klien

 

 

 

2. Klien mengetahui pentingnya perawatan diri

2. Dalam … kali interaksi klien menyebutkan:

  • Penyebab tidak merawat diri
  • Manfaat menjaga pwtan diri
  • Tanda-tanda bersih dan rapi
  • Gangguan yang dialami jika perawatan diri tidak diperhatikan

2.  Diskusikan dengan klien:

¨  Penyebab klien tidak merawat diri

¨  Manfaat menjaga perawatan diri untuk keadaan fisik, mental, dan sosial.

¨  Tanda-tanda perawatan diri yang baik

¨  Penyakit atau gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh klien bila perawatan diri tidak adekuat

 

 

 

 

3. Klien mengetahui cara-cara melakukan perawatan diri

3.1. Dalam … kali interaksi klien menyebutkan frekuensi menjaga perawatan diri:

  • Frekuensi mandi
  • Frekuensi gosok gigi
  • Frekuensi keramas
  • Frekuensi ganti pakaian
  • Frekuensi berhias
  • Frekuensi gunting kuku

3.2. Dalam … kali interaksi klien menjelaskan cara menjaga perawatan diri:

  • Cara mandi
  • Cara gosok gigi
  • Cara Keramas
  • Cara Berpakaian
  • Cara berhias
  • Cara gunting kuku

3.1.      Diskusikan frekuensi menjaga pwtan diri selama ini

¨  Mandi

¨  Gosok gigi

¨  Keramas

¨  Berpakaian

¨  Berhias

¨  Gunting kuku

 

3.2.Diskusikan cara praktek perawatan diri yang baik dan benar :

¨  mandi

¨  gosok gigi

¨  Keramas

¨  Berpakaian

¨  Berhias

¨  Gunting kuku

3.2. Berikan pujian untuk setiap respon klien yang positif

 

 

 

4. Klien dapat melaksanakan perawatan diri dengan bantuan perawat

4. Dalam … kali interaksi klien mempraktekkan perawatan diri dengan dibantu oleh perawat:

  • Mandi
  • Gosok gigi
  • Keramas
  • Ganti pakaian
  • Berhias
  • Gunting kuku

4.1.Bantu klien saat perawatan diri :

¨  Mandi

¨  Gosok gigi

¨  Keramas

¨  Ganti pakaian

¨  Berhias

¨  Gunting kuku

4.2. Beri pujian setelah klien selesai melaksanakan perawatan diri

 

 

 

5. Klien dapat melaksanakan perawatan diri secara mandiri

5. Dalam … kali interaksi klien melaksanakan praktek perawatan diri secara mandiri

  • Mandi 2 X sehari
  • Gosok gigi sehabis makan
  • Keramas 2 X seminggu
  • Ganti pakaian 1 X sehari
  • Berhias sehabis mandi
  • Gunting kuku setelah mulai panjang

5.1. Pantau klien dalam melaksanakan perawatan diri:

¨  Mandi

¨  Gosok gigi

¨  Keramas

¨  Ganti pakaian

¨  Berhias

¨  Gunting kuku

 

5.2. Beri pujian saat klien melaksanakan perawatan diri secara mandiri.

 

 

 

6. Klien mendapatkan dukungan keluarga untuk  meningkatkan perawatan diri

6.1. Dalam … kali interaksi keluarga menjelaskan cara-cara membantu klien dalam memenuhi kebutuhan perawatan dirinya

 

 

 

 

 

6.2. Dalam … kali interaksi keluarga menyiapkan sarana perawatan diri klien: sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, shampoo, handuk, pakaian bersih, sandal, dan alat berhias

6.3. Keluarga mempraktekan perawatan diri pada klien

6.1 Diskusikan dengan keluarga:

¨  Penyebab klien tidak melaksanakan perawatan diri

¨  Tindakan yang telah dilakukan klien selama di rumah sakit dalam menjaga perawatan diri dan kemajuan yang telah dialami oleh klien

¨  Dukungan yang bisa diberikan oleh keluarga untuk meningkatkan kemampuan klien dalam perawatan diri

6.2. Diskusikan dengan keluarga tentang:

¨  Sarana yang diperlukan untuk menjaga perawatan diri klien

¨  Anjurkan kepada keluarga menyiapkan sarana tersebut

 

6.3. Diskusikan dengan keluarga hal-hal yang perlu dilakukan keluarga dalam perawatan diri :

¨  Anjurkan keluarga untuk mempraktekan perawatan diri (mandi, gosok gigi, keramas, ganti baju, berhias dan gunting kuku)

¨  Ingatkan klien waktu mandi, gosok gigi, keramas, ganti baju, berhias, dan gunting kuku.

¨  Bantu jika klien mengalami hambatan dalam perawatan diri

¨  Berikan pujian atas keberhasilan klien

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI KEPERAWATAN CIREBON

 

RENCANA TINDAKAN KEPERAWATAN

KLIEN DENGAN MENARIK DIRI

 

Nama Klien   : ……………………                                                                                      DX  Medis                        : …………………..

No CM            : ……………………                        Ruangan                        : …………………..

 

Tgl

No Dx

Dx Keperawatan

Perencanaan

Tujuan

Kriteria Evaluasi

Intervensi

 

 

………………… …………………

b.d menarik diri

TUM: …………..

………………….

………………….

 

TUK:

1. Klien dapat membina hubungan saling percaya

 

 

 

 

 

 

Setelah dilakukan intervensi selama …. Kali :

1. Klien menunjukkan tanda-tanda percaya kepada / terhadap perawat:

  • Wajah cerah, tersenyum
  • Mau berkenalan
  • Ada kontak mata
  • Bersedia menceritakan perasaan
  • Bersedia mengungkapkan masalahnya
  • Bersedia mengungkapkan masalahnya

 

 

 

1.1Bina hubungan saling percaya dengan:

¨  Beri salam setiap berinteraksi.

¨  Perkenalkan nama, nama panggilan perawat dan tujuan perawat berkenalan

¨  Tanyakan dan panggil nama kesukaan klien

¨  Tunjukkan sikap jujur dan menepati janji setiap kali berinteraksi

¨  Tanyakan perasaan klien dan masalah yang dihadapi kllien

¨  Buat kontrak interaksi yang jelas

¨  Dengarkan  dengan penuh perhatian ekspresi perasaan klien

 

 

 

2. Klien mampu menyebutkan penyebab menarik diri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.Setelah … x pertemuan klien dapat menyebutkan satu penyebab menarik diri dari:

  • diri sendiri
  • orang lain
  • lingkungan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1 Tanyakan pada klien tentang:

¨  Orang yang tinggal serumah / teman sekamar klien

¨  Orang yang paling dekat dengan klien di rumah/ di RS

¨  Apa yang membuat klien dekat dengan orang tersebut

 

¨  Orang yang tidak dekat dengan klien di rumah/di RS

¨  Apa yang membuat klien tidak dekat  dengan orang tersebut

¨  Upaya yang harus dilakukan agar dekat dengan orang lain

2.2 Beri kesempatan pada klien untuk mengungkapkan penyebab menarik diri atau tidak mau bergaul

2.3 Beri pujian terhadap kemampuan klien mengungkapkan perasaannya

 

 

 

3. Klien mampu menyebutkan keuntungan berhubungan dengan orang lain dan kerugian tidak berhubungan dengan orang lain

 

 

 

3.  Setelah … x pertemuan klien dapat menyebutkan keuntungan berhubungan denga orang lain, misalnya

  • banyak teman
  • tidak kesepian
  • bisa diskusi
  • saling menolong,

dan kerugian tidak berhubungan dengan orang lain, misalnya:

  • sendiri
  • kesepian
  • tidak bisa diskusi

3.1.   Tanyakan pada klien tentang :

¨  Manfaat jika berhubungan dengan orang lain.

¨  Kerugian jika tidak berhubungan dengan orang lain.

3.2.   Beri kesempatan pada klien untuk mengungkapkan perasaan tentang keuntungan berhubungan dengan orang lain dan kerugian tidak berhubungan dengan orang lain.

3.3.   Diskusikan bersama klien tentang manfaat berhubungan dengan orang lain dan kerugian tidak berhubungan dengan orang lain.

3.4.    Beri pujian terhadap kemempuan klien mengungkapkan perasaannya

 

 

 

  1. Klien dapat melaksanakan hubungan social secara bertahap

 

4. Klien dapat melakukan hubungan sosial secara bertahap antara:

  • K – P
  • K – Perawat lain
  • K – klien lain
  • K – kelp/masy

 

4.1  Observasi perilaku klien dengan berhubungan dengan orang lain

4.2  Motivasi dan bantu klien untuk berkenalan / berkomunikasi dengan :

¨  Perawat

¨  Perawat lain

¨  Klien lain

¨  Kelompok masyarakat

 

4.3  Libatkan klien dalam Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi

4.4  Motivasi klien untuk mengikuti kegiatan ruangan

4.5  Beri pujian terhadap kemampuan klien  memperluas pergaulannya

4.6  Diskusikan jadwal harian yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan klien bersosialisasi

 

 

 

  1. Klien mampu mengungkapan perasaanya setelah  berhubungan dengan orang lain

5. Setelah … x pertemuan Klien dapat mengungkapkan perasaanya setelah  berhubungan dengan orang lain untuk :

  • diri sendiri
  • orang lain
  • lingkungan

5.1 Beri kesempatan klien untuk mengungkapkan perasaannya setelah berhubungan dengan orang lain

5.2 Diskusikan dengan klien tentang perasaannya setelah berhubungan dengan orang lain

5.3 Beri pujian terhadap kemampuan klien  mengungkapkan perasaannya.

 

 

 

6. Klien dapat dukungan keluarga dalam memperluas hubungan dengan orang lain dan lingkungan

  1. Keluarga dapat:
  • menjelaskan cara merawat klien menarik diri
  • mengungkapkan rasa puas dalam merawat klien

6.1. Diskusikan pentingnya peran serta keluarga sebagai pendukung untuk mengatasi prilaku menarik diri.

6.2. Diskusikan potensi keluarga untuk membantu klien mengatasi perilaku menarik diri

6.3. Jelaskan cara merawat klien menarik diri yang dapat dilaksanakan oleh keluarga.

6.4. Motivasi keluarga agar membantu klien untuk bersosialisasi.

6.5. Beri pujian kepada keluarga atas keterlibatan merawat klien di rumah sakit

6.7. Tanyakan perasaan keluarga setelah mencoba cara yang dilatihkan

 

 

 

7. Klien dapat memanfaatkan obat dengan baik.

 

 

 


PROGRAM STUDI KEPERAWATAN CIREBON 

 

RENCANA TINDAKAN KEPERAWATAN

KLIEN DENGAN PERUBAHAN PROSES PIKIR : WAHAM

 

Nama Klien   : ……………………                                                                                                  DX  Medis      : …………………..

No CM            : ……………………                                                                                                  Ruangan       : …………………..

 

 Tgl

No Dx

Dx Keperawatan

Perencanaan

Tujuan

Kriteria Evaluasi

Intervensi

 

 

……………….

………………. B.d. Waham ……………….

TUM: ………….

…………………

…………………

 

TUK:

1. Klien dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat

  1. Setelah  … x interaksi klien:
  2. Bina hubungan saling percaya dengan klien:
  • Mau menerima kehadiran perawat di sampingnya.
  • Menyatakan mau menerima bantuan perawat
  • Tidak menunjukkan tanda-tanda curiga

¨  Beri salam

¨  Perkenalkan diri, tanyakan nama serta nama panggilan yang disukai.

¨  Jelaskan tujuan interaksi

¨  Yakinkan dia dalam keadaan aman dan perawat siap menolong dan mendampinginya

¨  Yakinkan bahwa kerahasiaan klien akan tetap terjaga

¨  Tunjukkan sikap terbuka dan jujur

¨  Perhatikan keb dasar dan beri bantuan u/ memenuhinya

 

 

 

2. Klien dapat mengidentifikasi perasaan yang muncul secara berulang dalam pikiran klien.

  1. Klien menceritrakan ide-ide dan perasaan yang muncul secara berulang dalam fikirannya.

     (Setelah 2 X interaksi)

  1. Bantu klien untuk mengungkapkan perasaan dan fikirannya.

¨  Diskusikan dengan klien pengalaman yang dialami selama ini termasuk hubungan dengan orang yang berarti, lingkungan kerja, sekolah, dsb.

¨  Dengarkan pernyataan klien dengan empati tanpa mendukung / menentang pernyataan wahamnya.

 

 

 

3. Klien dapat mengidentifikasi stressor/pencetus wahamnya. (Triggers Factor)

  1. Klien dpt menyebutkan kejadian-kejadian sesuai dengan urutan waktu serta harapan/kebutuhan-nya yg tdk terpenuhi seperti : Harga diri, rasa aman dsb.

(2 X interaksi)

  1. Bantu klien untuk mengidentifikasi kebutuhan yang tidak terpenuhi serta kejadian yang menjadi factor pencetus

¨  Diskusikan dengan klien tentang kejadian-kejadian transmatik yang menimbulkan rasa takut, anxietas maupun perasaan tidak dihargai.

 

¨  Diskusikan dengan klien cara-cara mengatasi situasi tersebut.

¨  Diskusikan dengan klien apakah ada halusinasi yang meningkatkan fikiran / perasaan yang terkait wahamnya.

¨  Hubungkan kejadian-kejadian tersebut dengan wahamnya.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :