HANIK ENDANG NIHAYATI

Berpacu menjadi yang terbaik

Kasus Jiwa

diposting oleh hanikendangnihayati-fkp pada 21 March 2017
di Keperawatan jiwa - 0 komentar

KASUS 1

Tn H (28 tahun) dating ke Psychiatric Ward karena di rumah marah-marah dengan memukul tembok rumah. Di awal pengkajian Tn.H mengatakan “ tembok itu sangat menyebalkan, di bilang bahwa aku itu kuda yang kalah perang”. 1 minggu sebelum masuk rumah sakit Tn. H suka menyendiri dikamar, tidak mau makan dan tidak mau mandi. Hal itu terjadi sejak H ditinggal kawin pacar yang sangat dicintainya, karena ayah pacarnya tidak mau punya mantu yang tidak punya pekerjaan tetap. H mengatakan “ Ayah pacarku itu sunggu memandang remeh padaku dan membuatku kehilangan pacarku”

KASUS 2

Tn. P (35 tahun) dating ke Psychiatric Ward krn dirumah ngamuk dengan memukul adiknya dan melempari mobil adiknya dengan batu sampai rusak dan kacanya pecah. Di awal pengkajian, keluarga mengatakan bahwa P sering marah-marah dan mudah tersinggung sejak adiknya menikah kira-kira satu bulan yang lalu. Sejak kecil P selalu diperlakukan berbeda dengan adiknya. P mengatakan “ Ibu itu pilih kasih sama anaknya, ibu lebih sayang ke adik dari pada saya” . Adik P adalah anak yang penurut dan pintar sementara P selalu tinggal kelas dan membuat masalah di sekolah. P juga mengatakan” Saya benci dengan adik karena di selalu menang” “ Keluarga saya, pasti menganggap saya adalah sampah keluarga”

KASUS 3

Nn. W (22tahun) dibawa ke Psychiatric Ward karena di rumah selalu bicara melantur dan mudah marah. Pada pengkajian awal W berkata “ aku ini adalah bidadari suster, masa sih suster tidak tahu, yaaa memang sih bidadari yang tidak terlalu cantik…. Tapi bidadari !!!” Menurut keluarga W berperilaku spt itu sejak 1 bulan yang lalu. Sebelumnya W sering berperilaku aneh seperti mengumpulkan pakaian berwarna putih, kalung mutiara putih dan bandana yang semua berwarna putih. Dan W sering memakainya didalam rumah. W adalah mahasiswa sebuah akademi pariwisata di Kota S, selama kuliah W jarang punya teman dekat, menurut W “teman-temanku itu semua cantik, menarik dan kaya, aku ingin seperti mereka, langsing dan cantik, nanti kalau sudah cantik baru aku mau berteman dengan mereka, kalau sekarang mana mau mereka berteman sama bidadari kere seperti aku”

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :