HANIK ENDANG NIHAYATI

Berpacu menjadi yang terbaik

Pengertian Halusinasi

diposting oleh hanikendangnihayati-fkp pada 08 March 2017
di Keperawatan jiwa - 0 komentar

Definisi Persepsi

Persepsi adalah halusinasi yang terjadi pada orang depresi (Edward, Munro, Robins, & Welch, 2011). Seluruh kepekaan sensori meningkat. Pasien merasa dunia itu lebih terang, lebih berwarna dan terlihat lebih ramai. Halusinasi mungkin muncul pada saat ditengah-tengah dia berpersepsi.

Persepsi adalah daya mengenal barang, kualitas atau hubungan serta perbedaan antara berbagai hal melalui proses mengamati, mengetahui, dan mengartikan setelah panca indra mendapat rangsang. Persepsi dapat terganggu oleh gangguan otak, gangguan jiwa, atau oleh pengaruh lingkungan sosial budaya. (Maramis, 1998)

 

Definisi Halusinasi

Halusinasi adalah persepsi sensori yang salah tanpa adanya stimulus yang adekuat (Frisch, N. C., & Frisch, L. E., 2011). Halusinasi adalah kejadian sensori yang tidak dapat ditangkap oleh individu nonpsikotik lain. Meskipun halusinasi dapat ditangkap secara nyata oleh beberapa sensori namun kebanyakan dari penderita mengalami halusinasi auditori. Individu psikotik menjelaskan seperti mendengar suara dan suara tersebut akan memengaruhi pikiran seseorang. Suara-suara tersebut mengandung beberapa maksud dan kebanyakan berisi negative atau mengancam. Meskipun suara yang terdengar oleh individu yang berhalusinasi tidak selalu berbeda, namun mereka sering mendengarnya cukup keras (Bapputy, S., Hitam, S., & Sethi, S., 2008).

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :